Alhamdulillah, Pasien Covid-19 Sembuh Terus Bertambah

  • Share

Dalam beberapa hari ini jumlah pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Indonesia naik cukup signifikan. Pada Ahad (29/3) saja, ada tambahan 130 kasus positif baru sehingga pasien positif covid-19 berjumlah 1.285 orang.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan jumlah kasus positif ini diambil dari 6.500 pemeriksaan masif. Angka ini masih jauh dari jumlah alat rapid test yang disebar pemerintah ke daerah sebanyak 125.000 kit.

Yuri –panggilan akrab Yurianto– mengatakan pasien yang sembuh bertambah 5 orang dan total 64 orang. “Yang meninggal bertambah 12 menjadi 114 orang,” ujar Yurianto, Ahad.

Jumlah penambahan yang terjadi dengan angka rata-rata di atas 100 kasus setiap hari ini, menurut Yurianto, menandakan masih ada pasien positif Covid-19 yang belum melakukan isolasi diri di tengah masyarakat.

Artinya, pasien positif terinfeksi virus corona tersebut masih dengan bebas melakukan kontak dekat dengan lingkungannya.

Namun, tren sembuh pasien positif corona juga meningkat cukup baik belakangan ini. Jika pada awal-awal kasus ini merebak tren sembuh pasien positif corona begitu lamban bergerak, maka sekarang terlihat naik.

Kabar sembuh pasien positif covid-19 ini juga terjadi di daerah-daerah. Di Bogor, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan dua pasien positif corona sudah dinyatakan sembuh oleh tim dokter.

“Kedua pasien itu berdomisili di Cibinong dan Gunung Putri. Hasil pemeriksaan (swab) negatif,” kata Ade saat dihubungi Antara di Bogor, Jawa Barat, Ahad (29/3).

Baca Juga :   Sejarah Aqua, Didirikan Tirto Utomo hingga Dibeli Danone Perancis

Pasien sembuh yang berdomisili di Cibinong adalah seorang laki-laki berusia 27 tahun yang berprofesi sebagai pramugara. Ia dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong, setelah terinfeksi Covid-19 dari riwayat perjalanan terakhirnya ke Singapura.

Pasien sembuh yang berdomisili di Gunung Putri adalah seorang laki-laki berusia 30 tahun yang dirawat di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Jakarta. Ia merupakan perawat di salah satu rumah sakit diJakarta yang pernah menangani pasien kasus positif Covid-19.

Ade Yasin mengatakan, khusus pasien yang berdomisili di Cibinong, meski sudah dinyatakan sembuh dari infeksi Covid-19, tak lantas bisa segera pulang dari rumah sakit. Hal itu memerlukan surat persetujuan terlebih dahulu dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sembuhnya dua pasien positif Covid-19 asal Kabupaten Bogor itu menyisakan lima pasien positif Covid-19, sedangkan satu pasien positif lainnya sudah menjalani masa karantina di RSUP Persahabatan Jakarta sejak Kamis (19/3) dini hari.

Pemkab Bogor mencatat ada 378 orang dalam pemantauan (ODP), 132 di antaranya sudah selesai dipantau, dan 101 pasien dalam pengawasan (PDP), 30 di antaranya sudah selesai diawasi.

Di Tangerang, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tangerang, Liza Puspa Dewi, menyatakan satu pasien positif corona dinyatakan sembuh. Pasien itu mendapatkan perawatan di salah satu rumah sakit di Kota Tangerang.

“Di Kota Tangerang ada satu pasien positif yang telah dinyatakan sembuh dan kini sudah kembali ke tempat tinggalnya,” kata Liza.

Baca Juga :   Warga Bandung Barat Terima Bantuan Beras dan Ayam Busuk

Sebelumnya pasien telah menerima perawatan di salah satu rumah sakit dan harus diisolasi selama beberapa hari hingga dinyatakan negatif Covid-19. Selain satu pasien positif yang sembuh, adapula 36 orang dalam pengawasan (ODP) dan tiga orang pasien dalam pengawasan (PDP) yang juga dinyatakan sembuh.

Untuk yang berstatus ODP dan PDP seluruhnya melakukan isolasi mandiri di tempat tinggalnya. Sebagai informasi, data per tanggal 29 Maret 2020 pukul 15.00 WIB tentang sebaran Covid-19 di Kota Tangerang menyebutkan sebanyak 427 orang berstatus ODP, 95 orang PDP, 19 positif, empat orang meninggal dan satu orang sembuh.

Dari Surabaya, Jatim, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersyukur ada 13 pasien terkonfirmasi positif virus corona penyebab Covid-19 di wilayahnya dinyatakan telah sembuh. Menurut Khofifah, fakta ini membuktikan bahwa pasien corona bisa disembuhkan.

“Kami bersyukur di Jatim ada beberapa pasien yang terkonfirmasi negatif Covid-19,” ujarnya kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Ahad (29/3) malam.

Pasien Covid-19 di Tulungagung Sembuh Total
Di Tulungagung, sebanyak 9 pasien berstatus dalam pengawasan (PDP) Covid-19 yang dirawat di ruang isolasi khusus RSUD dr Iskak Tulungagung, dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang untuk melanjutkan karantina mandiri.

“Alhamdulillah hasil lab (laboratorium) negatif (COVID-19). Mereka juga sudah diperbolehkan pulang namun tetap dianjurkan melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan dari kami,” kata Kasi Pemasaran dan Informasi RSUD dr Iskak Tulungagung Mochammad Rifai, ahad (29/3).

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *