Berikut Informasi Terbaru Tentang Pendaftaran CPNS 2021 dari Kementerian PANRB

berikut informasi terbaru tentang pendaftaran cpns 2021 dari kementerian panrb
berikut informasi terbaru tentang pendaftaran cpns 2021 dari kementerian panrb

Kuota formasi keperluan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 sudah ditetapkan pemerintahan. Berdasar hasil up-date per 13 Juni, kuota formasi CASN 2021 ialah 707.622.

Menurut Plt. Pendamping Deputi Bagian Rencana dan Penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB Katmoko Ari Sambodo, formasi terbesar ditujukan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru 531.076, selanjutnya PPPK Non-Guru sekitar 20.960, dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sekitar 80.961 formasi.

Tetapi, sampai sekarang ini tidak ada kejelasan kapan registrasi CPNS 2021 dan CPPPK 2021 akan dilaksanakan. Karena menurut Katmoko nanti informasi registrasi CPNS dan PPPK Jabatan Fungsional (JF) Tahun 2021 akan dilaksanakan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dengan menimbang persiapan secara tehnis dari Team Eksekutor di Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan panitia penyeleksian lembaga masing-masing.

Sementara, penerapan penyeleksian PPPK Guru pada Institusi Daerah akan diatur oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Tehnologi (Kemendikbudristek) dengan bekerjasama dan dilaksanakan pemantauan oleh Panselnas.

Berkaitan penyelenggaraan penyeleksian CASN ini, Kementerian PANRB sudah mengeluarkan tiga ketentuan yakni Ketentuan Menteri PANRB (PermenPANRB) Nomor 27 Tahun 2021 mengenai Penyediaan PNS, PermenPANRB Nomor 28 Tahun 2021 mengenai Penyediaan PPPK untuk Kedudukan Fungsional Guru pada Lembaga Wilayah Tahun 2021, dan PermenPANRB Nomor 29 Tahun 2021 mengenai Penyediaan PPPK untuk Kedudukan Fungsional (JF).

Baca Juga :   Pilu Kakek Diusir Anaknya di Tangerang Selatan, Tidur Bermalam Cuma Beralaskan Sarung

Katmoko sampaikan, pada tahun 2021 penyediaan PNS dan PPPK JF dapat dituruti oleh lembaga pusat dan wilayah. Sementara penyediaan PPPK JF Guru ditujukan khusus untuk lembaga wilayah.

“Khusus untuk PermenPANRB 28 sifatnya ialah berlaku tahun ini, tahun 2021. Sementara PermenPANRB 27 dan 29 diharap dapat multiyear,” katanya merilis situs Setkab.

Penyediaan CPNS 2021, bolehkan daftar lebih dari 1 formasi?

Pada registrasi CPNS 2021 ini, pemerintahan kembali memutuskan keperluan PNS jadi dua, yakni formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus didistribusikan untuk Putra/Putri Alumnus Terbaik Berpredikat Cumlaude, Penyandang Disabilitas, Diaspora, dan Putra/Putri Papua dan Papua Barat.

Selanjutnya Katmoko menjelaskan, pada tahun ini karena recruitment CPNS, PPPK JF, dan PPPK Guru dikerjakan bertepatan, hingga kekuatan jumlah pendaftarnya lumayan besar. Oleh karenanya, calon pelamar diharuskan cuman dapat mendaftarkan pada 1 lembaga, 1 tipe keperluan, dan 1 kedudukan di tahun bujet yang serupa.

“Jadi beberapa peserta harus menimbang baik semenjak awalnya apa yang ingin ia lamar, karena pada konsepnya tidak dapat kembali menukarnya saat telah memutuskan pelamaran di suatu tempat,” tegasnya.

Untuk pelamar formasi Cumlaude, harus mempunyai tingkatan pengajaran minimum Sarjana, tidak terhitung Diploma IV (D4). Katmoko memperjelas, ini perlu diperhatian ingat pada tahun lalu masih ada beberapa kesalahan yang membagikan formasi ini untuk D4.

Sementara untuk Penyandang Disabilitas, Katmoko menjelaskan jika Penyandang Disabilitas dapat melamar di formasi umum atau formasi khusus yang lain selainnya Formasi Penyandang Disabilitas.

Baca Juga :   Cair Selasa Besok, 4,8 Juta Pekerja Akan Dapat BLT Subsidi Gaji Tahap 4 dan 5, Cek Nama Anda di Link Ini

“Diberi peluang selebar-luasnya jika memang mempunyai kwalifikasi, kapabilitas dan sesuai syarat kedudukan,” katanya.

Tahap penyeleksian CPNS 2021

Saat itu , nanti untuk recruitment CPNS terdiri dari 3 tingkatan penyeleksian, yakni Penyeleksian Administrasi, Penyeleksian Kapabilitas Dasar (SKD), dan Penyeleksian Kapabilitas Sektor (SKB) CPNS. SKD dan SKB akan memakai mekanisme Komputer Assisted Tes (CAT) BKN.

Selanjutnya Katmoko mengingati, pelamar yang memundurkan diri sesudah dipastikan lulus tahapan akhir penyeleksian dan sudah mendapatkan kesepakatan Nomor Induk Karyawan (NIP) dari Kepala BKN, maka diberi ancaman jangan melamar pada akseptasi ASN untuk 1 masa selanjutnya.

“Demikian pula yang telah melamar dan lulus tahun kemarin tetapi memundurkan diri, karena itu yang berkaitan tidak dapat melamar pada tahun ini,” tegasnya.

Ketetapan umum daftar CPNS 2021

Adapun ketetapan umum untuk pelamar CPNS ialah seperti berikut:

1. Tiap Masyarakat Negara Indonesia (WNI) bisa melamar jadi CPNS dengan batasan umur terendah 18 tahun dan tertinggi 35 tahun di saat melamar;

2. Kedudukan CPNS yang bisa dilamar dengan batasan umur tertinggi 40 tahun saat pelamaran:
– Dokter dan Dokter Gigi, dengan kwalifikasi pengajaran Dokter Specialist dan Dokter Gigi Spesialis;
– Dokter Pengajar Klinis; dan
– Dosen, Periset, dan Perekayasa, dengan kwalifikasi pengajaran Strata 3 (Doktor).

Responses (3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *