5 Bahaya Jika Terlalu Sering Mendapat Pujian

Setiap orang akan merasa bahagia dan bangga ketika mendapatkan pujian, entah itu dari teman, keluarga apalagi dari pasangan. Dan ketika seseorang memuji kelebihan orang lain merupakan tindakan yang mulia. Karena dengan dipuji biasanya seseorang akan merasa dihargai juga semakin percaya diri.

Akan tetapi jika terlalu berlebihan hal tersebut dilakukan secara berlebihan malah akan menjadi sebaliknya, bukan semakin percaya diri tapi semakin haus akan pujian. Berikut ini dampak buruknya jika terlalu sering mendapatkan pujian, diantaranya:

1. Gak Menyadari Kekurangan Diri Sendiri
Ketika seseorang terlalu mendapatkan pujiam ia akan merasa memiliki banyak kelebihan dan kekurangnya hanya sedikit saja, bahkan nyaris tidak ada, padahal kenyataannya belum tentu seperti itu.

Bisa jadi kamu memiliki banyak kekurangan dalam dirimu. Akan tetapi karena kamu selalu menerima pujian kamu akan buta terhadap kelemahanmu sehingga gak mau memperbaiki diri dan merugikanmu sendiri.

Baca Juga :   Masjid Menjadi Tempat Wisata, Benarkah Termasuk Tanda Hari Kiamat?

2. Menjadi Sombong
Bisa membuat seseorang menjadi sombong karena terlalu sering dipuji. Bisa jadi akan merendahkan orang lain, merasa orang lain memiliki banyak kekurangan sedangkan dirinya tidak. Dan bisa jadi juga akan menjadi orang yang terlalu pemilih untuk berteman dengan orang lain.

3. Terlalu Meremehkan Tantangan
Tidak hanya mudah meremehkan orang lain namun juga mudah meremehkan tantangan. Jika sudah meremehkan bisa jadi tidak akan siap untuk menghadapi tanatangan yang mungkin timbul. Karena dunia tidak bisa ditebah maka jangan pernah beranggapan hidup ajan berjalan mulus.

4. Lupa Pada Jasa Orang Lain
Terlalu mendapatkan banyak pujian akan membuat seseorang lupa bahwa yang ia dapatkan bukan hanya kerja keras dirinya melainkan ada bantuan orang lain yang ikut andil.

Baca Juga :   Kata Corona Ada dalam Ayat Alquran? Ini Penjelasannya

Masih ada orang tua, keluarga atau bahkan sahabat yang ikut andil dalam keberhasilanmu sehingga jika terlalu dipuji akan lupa terhadap bantuan orang lain.

5. Tidak Terima Saat Dikritik
Mudah mengeluh bahkan marah ketika keinginannya tidak dipenuhi. Dan jika tidak mendapatkan pujian dia mudah marah apalagi jika sampai dikritik.

Padahal kita semua butuh kritikan, dengan kritikan seseorang akan sadar sehingga bisa memperbaiki kekurangannyaa. Maka dari itu berilah pujian sewajarnya saja. [idntimes.com]

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *