Pasien Meninggal Setelah Keluarga Tak Sengaja Mencabut Kabel Listrik Ventilator

Seorang pria 40 tahun di India, meninggal dunia setelah keluarganya tanpa sengaja mencabut kabel listrik ventilator. Dia dirawat di ruang isolasi rumah sakit milik pemerintah di daerah bernama Kota.

Kabel listrik ventilator dicabut sehingga keluarga bisa mengaktifkan pendingin ruangan. Rupanya soket listrik di ruangan isolasi Rumah Sakit Maharoo Bhim Singh terbatas.

Mulanya, pasien tersebut diduga terinfeksi virus corona, namun setelah dilakukan tes susulan pada 13 Juni, dia dipastikan negatif. Sejak itu keluarga diperbolehkan menjenguk meskipun peratawan pasien masih di ruang isolasi.

Dikutip dari PTI, Minggu (21/6/2020), ruang isolasi pasien di RS tersebut sangat panas. Untuk itu keluarga berinisiatif membeli pendingin ruangan portable agar ruangan nyaman.

Baca Juga :   Tak Direstui karena Hanya Petani, Pria Ini Buat Ibu Mantan Pacar Menyesal

Masalahnya, di ruangan tersebut jumlah soket listrik sangat terbatas dan semua terpakai.

Akhirnya mereka mencabut salah satu kabel yang ternyata mesin ventilator. Diketahui mereka baru menyadari dampaknya setelah 1,5 jam.

Keluarga lalu menghubungi dokter karena kondisi pasien semakin parah. Berbagai cara dilakukan untuk memulihkan pasien, termasuk melakukan CPR, namun gagal.

Pejabat RS, Naveen Saxena, membentuk komisi untuk menyelidiki insiden ini. Namun keluarga pasien menolak dilakukan penyelidikan. Meski demikian RS tetap akan mengambil tindakan atas kejadian ini karena harus ada pihak yang bertanggung jawab. Diketahui, keluarga tak melapor atau izin terlebih dulu saat mencabut kabel listrik ventilator.

Artikel Asli

(Visited 148 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *