Ribuan Burung Mati Berjatuhan dari Langit, Ilmuwan Bingung Ada apa?

Sebuah video dari Amerika Serikat yang menggelitik viral di Twitter, menunjukkan jasad seekor burung mati dekat bunga matahari, disusul kemudian pemandangan ada belasan burung lain mati di dekatnya. Video itu direkam di negara bagian New Mexico, dan dilaporkan fenoena burung yang mati berjatuhan dari langit juga dialami wilayah lain Amerika.

Ahli biologi kebingungan memahami kenapa banyak burung itu mati dalam waktu singkat dan berjatuhan dari langit. Burung yang mati dari berbagai jenis, mulai dari burung gereja, warbler, hingga sikatan hitam. Semua burung itu kemungkinan dalam proses migrasi menjelang musim dingin, namun tak jelas kenapa mereka mati di perjalanan.


Martha Desmond, Guru Besar Biologi di New Mexico State University saat diwawancarai CNN menyatakan jumlah burung yang mati amat besar, mencapai angka ribuan dari laporan yang dia dapatkan. Sebagian berperilaku aneh sebelum mati, dan jatuh di jalan raya, lapangan golf, hingga kawasan pinggir hutan.

Baca Juga :   Akses Jalan Ditutup Tetangga, Keluarga Ini Harus Panjat Dinding Setiap Kali Pulang ke Rumah

“Jika melihat sebaran kematian, ini fenomena luas yang tampaknya mempengaruhi ratusan ribu burung dari beragam spesies,” ujarnya.

Selain di New Mexico, burung yang mati berjatuhan dari langit ditemukan warga di Colorado, Texas, serta Arizona. Uniknya, burung yang mati kebanyakan yang melakukan migrasi. Sementara burung-burung endemik di daerah tersebut dilaporkan baik-baik saja.

Desmond dan pakar burung lain kini berusaha memahami penyebab kematian misterius tersebut. Beberapa teori mengaitkan kematian burung-burung ini akibat perubahan iklim. Pakar lain menduga kejadian ini ada kaitannya dengan kebakaran hutan yang sedang melanda wilayah selatan hingga pantai barat Negeri Paman Sam. Asumsinya, akibat asap kebakaran hutan, burung-burung harus mengubah rute migrasi jadi lebih jauh, sehingga mereka kekurangan energi untuk bertahan di udara.

Baca Juga :   Ditulis di Amplop, Pelamar Kerja Doakan HRD bak Film Azab Indosiar Jika Ditolak

Allison Salas, pakar biologi lain di New Mexico State University, turut meneliti beragam jasad burung yang mati mendadak lalu jatuh dari langit. Menurutnya, semua burung itu dalam kondisi fisik yang seharusnya prima. Tapi tampaknya mereka mengalami semacam sakit yang misterius.

Sejauh ini, kebakaran hutan jadi penyebab utama yang paling banyak dispekulasikan pakar. Sebab, di wilayah yang dilanda kebakaran, sempat terjadi kekeringan selama lebih dari dua tahun. Alhasil, sedikit serangga yang bisa jadi pakan alami burung-burung tersebut di alam bebas. Selain itu, asap kebakaran hutan juga ditengarai merusak paru-paru burung yang sedang bermigrasi.

“Namun, terlepas dari semua penjelasan tersebut, kami yakin ini ada kaitannya dengan efek perubahan iklim,” kata Desmond.

 

(Visited 170 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *