Dibuka Lowongan Jadi Petani Stroberi di Australia, Upah Rp 1 Miliar

  • Share

Para petani sayuran dan buah-buahan di Australia semakin khawatir dengan kemungkinan gagal panen, karena tidak cukupnya pekerja untuk membantu.

Karenanya Asosiasi Petani Stroberi Queensland (QSGA) menawarkan hadiah uang tunai senilai 100.000 dollar Australia, atau lebih dari Rp 1 miliar untuk menarik orang yang mau bekerja membantu memanen stroberi di musim dingin tahun 2021.

Para petani Australia sudah melaporkan kerugian besar akibat tidak tersedianya pekerja untuk memanen.

Sebagian dari para petani stroberi di Queensland bahkan sudah mengurangi lahan penanaman tahun ini, sementara beberapa sama sekali tidak menanam stroberi karena khawatir tidak adanya yang bisa membantu memetik hasil panen.

QSGA mengumumkan rencana untuk menjadikan musim panen tahun ini sebagai sebuah lomba dengan penawaran hadiah uang atau voucher liburan.

“Kami ingin peserta berusaha memenangkan lomba sekaligus bekerja keras,” kata Adrian Schultz, Presiden QSGA

“Kami mendorong siapa saja yang tertarik mencoba menjadi pemetik stroberi untuk datang ke Queensland di musim dingin dan menikmati musim panen.

Baca Juga :   Video Viral Pria di Sampit, Kalteng, Injak Kepala Kucing Hamil hingga Tewas

“Semakin lama Anda bekerja di ladang, semakin besar kemungkinan anda mendapatkan hadiah 100.000 dollar Australia di akhir musim.”

Pekerja sedang sibuk menanam stroberi di berbagai pertanian di Queensland.(ABC Rural: Melanie Groves)
ABC RURAL/MELANIE GROVES via ABC INDONESIA Pekerja sedang sibuk menanam stroberi di berbagai pertanian di Queensland.(ABC Rural: Melanie Groves)

Bagaimana caranya?

Mereka yang bekerja akan mendapatkan “poin” untuk bisa masuk ke undian.

“Semua pekerja akan masuk dalam undian dan pemenangnya akan ditentukan oleh komputer,” kata Adrian.

“Sepuluh orang akan dipilih dan masing-masing dari 10 orang tersebut berpeluang mendapatkan 100.000 dollar Australia,” tambahnya.

Adrian mengatakan para pekerja kemudian akan dibawa ke ladang stroberi di mana 100 amplop akan disebarkan.

“Salah satu dari amplop ini berisi uang 100.000 dollar Australia, sementara setiap amplop lainnya berisi uang 1.000 dollar Australia,” katanya.

“Jadi kalau Anda tidak memenangkan uang 100.000 dollar Australia, paling tidak yang lain akan mendapatkan uang untuk membeli bir.”

Sepuluh pemetik stroberi akan terpilih untuk mendapatkan hadiah uang Rp 1 miliar.ABC RURAL/JENNIFER NICHOLS via ABC INDONESIA Sepuluh pemetik stroberi akan terpilih untuk mendapatkan hadiah uang Rp 1 miliar.

Diperlukan sekitar 7.000 pekerja

Kalangan industri stroberi sudah meminta pihak lain untuk mengurus masalah logistik pembagian hadiah, menggunakan promosi yang berasuransi, dan anggaran iklan untuk mendanai hadiah.

Baca Juga :   Viral Oknum Dinas Sosial di Batam, Ambil Uang Pengemis, Pengemisnya Diturunkan di Jalan

Mereka juga menawarkan hadiah lain, seperti hadiah berlibur selama beberapa bulan ke daerah wisata lokal setelah musim panen berakhir.

Adrian mengatakan industri stroberi di Queensland memerlukan sekitar tujuh ribu pekerja untuk membantu pemetikan.

“Kami mencari siapa saja yang mau datang untuk bekerja,” katanya.

“Memang pekerjaan ini tidak cocok untuk semua orang dan ketika datang, kita belum tentu berhasil. Namun kami sendiri kadang terkejut dengan keterampilan orang yang datang untuk bekerja.”

Asosiasi Petani Stroberi Queensdland akan berusaha maksimal agar para pekerja tidak diperlakukan buruk.ABC RURAL/TYNE LOGAN via ABC INDONESIA Asosiasi Petani Stroberi Queensdland akan berusaha maksimal agar para pekerja tidak diperlakukan buruk.

Keselamatan lebih penting

Tawaran hadiah uang mungkin bisa menarik minat pekerja.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *