Saat Ketua KPK Firli Bahuri Ditest Wawasan Kebangsaan Pilih Agama atau Pancasila, Ini Jawabnya

  • Share

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, memberinya respon masalah materi pertanyaan yang perlu dijawab karyawan KPK dalam Test Wawasan Kebangsaan (TWK).

Adapun respon yang dikatakan Firli Bahuri yaitu berkaitan pertanyaan yang minta karyawan KPK pilih salah satunya di antara agama atau Pancasila.

Respon Firli itu dikatakannya dalam program acara Aiman di Kompas TV yang disiarkan pada Senin (14/6/2021) tempo hari.

Dalam acara itu, mulanya Firli sampaikan jika dianya tidak mau memberi komentar materi pertanyaan TWK itu.

Tetapi, sesudah si presenter Aiman Witjaksono bertanya kembali, Firli pada akhirnya memberikan respon.

Menurutnya, pertanyaan itu pernah dirasakan oleh siapa saja yang sempat ikuti TWK.

“Saya tidak mau memberi komentar materi pertanyaan di TWK, tetapi beberapa pertanyaan itu pernah diketemukan oleh siapa saja yang ikuti TWK, terhitung saya,” kata Firli ke Aiman.

Baca Juga :   Cara Cek Kepesertaan BPJS Kesehatan agar Tidak Dibekukan Mulai Hari ini

Firli menerangkan, semua pertanyaan seharusnya dapat direspon, bergantung dengan sikap dan tingkah laku orang yang menjawab.

Ia menirukannya dengan memberinya keterangan berkaitan penyataan sepakat atau mungkin tidak sepakat seorang pada pergerakan untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara.

“Bagaimana sikap anda? Anda tinggal pilih apa anda benar-benar sepakat, sepakat, netral, tidak sepakat atau benar-benar tidak sepakat,” sebut Firli.

Menurut Firli, semua kembali ke sikap sikap orang yang ditest, khususnya dalam melihat pertanyaan itu. Firli menyebutkan, banyak langkah untuk menanggapi pertanyaan itu.

“Semua kembali ke sikap sikap kita menyaksikan pengakuan. Begitupun dengan pertanyaan,” katanya.

“Pasti saya tidak mau masuk dengan tata langkah mereka lakukan interviu, contoh barusan disebut apa anda dapat pilih agama atau pilih Pancasila? Sebenarnya banyak langkah untuk menanggapi pertanyaan itu,” ucapnya.

Baca Juga :   Wanita Ini Ditemukan Hidup Usai Dinyatakan Meninggal Karena Corona

Aiman selanjutnya menanyakan kembali ke Firli. Aiman menjelaskan, bila pertanyaan itu dikatakan pada Firli, apa jawaban yang bakal diberi.

“Bergantung pada kita, saya tidak mau mengatakan itu karena saya bukan test. Yang jelas jawaban itu pernah saya jawab dan saya lulus (TWK), begitu,” jawab Firli.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *