Kenali Efek Samping Vaksin AstraZeneca, Segera Lapor Jika Ada Keluhan!

  • Share
Kenali Efek Samping Vaksin AstraZeneca, Segera Lapor Jika Ada Keluhan!

Kenali Efek Samping Vaksin AstraZeneca. Pemuda asal Jakarta Timur, Trio Fauqi Virdaus, meninggal dunia sehari setelah divaksinasi COVID-19 AstraZeneca. Untuk memastikan penyebab kematiannya, dilakukan autopsi pada jenazah Trio yang sebelumnya sudah dikebumikan selama 2 pekan.

Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) mengungkap hasil autopsinya. Disebutkan, tidak ada indikasi pembekuan darah yang dikhawatirkan timbul dari vaksin AstraZeneca.

“Tidak cukup bukti sampai dengan saat ini untuk mengaitkan KIPI yang terjadi dengan imunisasi yang diberikan. Hasil otopsi klinis juga tidak menunjukkan adanya pembekuan darah, atau blood clot, yang selama ini diduga dapat ditimbulkan karena vaksin AstraZeneca,” jelas Prof Dr dr Hindra Irawan Satari, Ketua Komnas KIPI dalam rilis Kemenkes RI, dikutip Selasa (3/8/2021).

KIPI atau kejadian ikutan pasca imunisasi adalah semua kejadian medik yang terjadi setelah imunisasi, menjadi perhatian dan diduga berhubungan dengan imunisasi.

Kemenkes RI menyebut antisipasi terjadinya KIPI merupakan salah satu fokus perhatian pemerintah. Bagi penerima vaksin yang merasakan adanya efek samping setelah vaksinasi dapat langsung datang ke fasilitas layanan kesehatan tempat dilakukannya vaksinasi.

Baca Juga :   Suami Bidan yang Video Mesumnya Viral: Rumah Tangga Saya Hancur
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *