Operasi Pengangkatan KRI Nanggala-402 Berakhir, TNI Sampaikan Terima Kasih ke AL China

  • Share

TNI Angkatan Laut (AL) mengucapkan terima kasih kepada Angkatan Laut (AL) China atau People Liberation Army Navy yang telah mengerahkan tiga kapalnya membantu pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 di Perairan Bali.

Ucapan terima kasih ini disampaikan TNI AL setelah operasi salvage KRI Nanggala-402 dinyatakan berakhir pada Rabu (2/6/2021).

“TNI AL menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PLA Navy yang telah mengirimkan tiga kapalnya,” ujar Kepala Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Komando Armada II Laksamana Pertama TNI I Gung Putu Alit Jaya dalam keterangan tertulis, Rabu malam.

Dalam operasi salvage ini, PLA Navy mengerahkan kapal PLA Navy Ship Ocean Tug Nantuo-195, PLA Navy Ocean Salvage and Rescue Yong Xing Dao-863, dan Scientific Salvage Tan Suo 2.

Baca Juga :   Foto Satelit Perlihatkan China Hancurkan Ribuan Masjid dan Makam Muslim di Xinjiang

TNI AL dan PLA Navy telah menggelar pertemuan akhir guna menutup rangkaian operasi.

Pertemuan tersebut melibatkan Atase Pertahanan (Athan) China untuk RI Senior Kolonel Chen Yongjing, Wakil Athan Kolonel Zheng Yuanyuan, dan Wakil Konjen Denpasar Mei Yuncai di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Sementara peserta lainnya, termasuk para komandan kapal Angkatan Laut China, mengikuti melalui virtual.

Putu mengatakan, kerja sama TNI AL dan PLA Navy dalam melaksanakan salvage KRI Nanggala-402 merupakan bukti nyata adanya persahabatan yang kuat di antara angkatan laut sedunia “Seaman Brotherhood”.

“Bagi TNI AL, kegiatan yang sudah dilakukan ini menjadi pengetahuan dan referensi kedepan untuk lebih meningkatkan kerja sama hubungan bilateral antar Angkatan Laut,” terang Putu.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *