Pertanyaan “Pilih Al-Qur’an atau Pancasila?” dalam Tes Wawasan Kebangsaan Menuai Kecaman dari Banyak Pihak

  • Share

Banyak pertanyaan aneh muncul dalam Tes Wawasan Kebangsaan, salah satunya adalah pertanyaan “Pilih Al-Qur’an atau Pancasila?”

Munculnya pertanyaan-pertanyaan aneh dan dianggap tidak nyambung dengan urusan kebangsaan dalam Tes Wawasan Kebangsaan yang diberlakukan kepada para pegawai KPK sebagai bagian dari proses peralihan status pegawai KPK menjadi ASN tentu saja menjadi kontroversi yang serius.

Salah satu pertanyaan yang dianggap paling aneh dan tidak bermutu adalah pertanyaan “Al-Qur’an atau Pancasila?”

Isu terkait munculnya pertanyaan tersebut dibahas oleh Mantan juru bicara KPK, Febri Diansyah melalui akun Twitternya.

“Pilih yang mana, Al-Qur’an atau Pancasila, mengingatkan saya pada pertanyaan tes wawasan kebangsaan KPK. Pegawai jawab, dalam konteks beragama saya memilih Al-Qur’an. Dalam konteks bernegara, saya memilih Pancasila. Pewawancara mendesak beberapa kali, harus pilih salah satu, dan seterusnya.” Tulis Febri.

Baca Juga :   4 Hal yang Perlu Diketahui soal Mudik Lebaran 2021 Dilarang

“Sampai hari ini, tidak ada penjelasan yang clear dari penyelenggara tes tentang pertanyaan-pertanyaan kontroversial tersebut. Wawasan kebangsaan apa yang dikehendaki? Sungguh menyedihkan.” Lanjut Febri.

Tak pelak, munculnya pertanyaan yang terkesan membenturkan Pancasila dan Al-Quran itu langsung menuai reaksi keras dari berbagai pihak.

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengatakan bahwa pembuat pertanyaan tersebut pastilah orang yang tidak sehat otaknya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *