Sebuah Kilatan Cahaya Hijau di Langit Jogja Berhasil Tertangkap Kamera Ponsel Warga

  • Share
Sebuah Kilatan Cahaya di Langit Jogja Berhasil Tertangkap Kamera Ponsel Warga

Kilatan Cahaya Hijau di Langit Jogja. Sebuah kilatan cahaya muncul di langit Jogja pada Senin (12/7/2021) malam. Kilatan cahaya ini bahkan tertangkap kamera warga.

Seorang warga yang berhasil mendapatkan foto kilatan cahaya tersebut adalah Aryo Kamandanu, warga Pandeyan, Bangunharjo, Sewon, Bantul. Foto tersebut kemudian diunggahnya di akun instagram miliknya @aryo.akise.

Tidak sengaja menangkap kilauan cahaya, entah apa namanya,” tulisnya, saat mengunggah foto tersebut, Senin malam.

Dalam keterangannya, ia menyebutkan foto tersebut diambil menggunakan kamera ponselnya, jenis Redmi 7A dengan ISO 200 SS 32.

Kepada Harianjogja.com, Aryo menjelaskan bahwa kilatan cahaya itu tertangkap kamera ponselnya pada Senin malam sekitar pukul 21.30 WIB. Saat itu dirinya berada di areal persawahan di dekat rumahnya.

Baca Juga :   Ada Rasa Khawatir, Habib Rizieq Pilih Konsumsi Makanan dari Keluarga selama Ditahan

“Untuk [foto] yang saya post hari ini itu sudah saya proses, yang kemarin malam saya post itu yang bener-bener polosan, setelah difoto tanpa saya proses aneh,” katanya melalui pesan elektonik.

Aryo yang dalam keterangan profil Instagramnya menyebutkan sebagai pencinta astronomi itu memang sedang menyiagakan ponselnya untuk mencoba kamera dengan metode long eksposure.

Saat ada kilatan cahaya itu, ia telah mengatur agar kamera bisa mengambil foto terus menerus secara otomatif. Ponselnya pun diletakkan menggunakan tripod lalu ia mengatur untuk ISO dan SS (Shutter Speed).

ISO adalah pengaturan untuk menentukan tinggi rendahnya cahaya yang diinginkan pada hasil foto atau sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. Adapun SS adalah jarak waktu saat shutter kamera terbuka sehingga cahaya masuk dan mengenai sensor gambar.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *