TKA China Terus Berdatangan ke Indonesia, Gaji Satpam Asal China Ternyata Rp26 Juta

  • Share

Tenaga kerja asing (TKA) China yang terus berdatangan ke Indonesia masih menuai polemik. Pasalnya, mereka berbondong-bondong datang di saat larangan mudik lebaran 2021.

Di lain hal, sebagian besar masyarakat pun tidak terima jika TKA China sengaja didatangkan untuk bekerja di Indonesia, sementara rakyat sendiri masih banyak yang menganggur.

Wartawan senior, Edy Mulyadi pun mengungkapkan standariasi gaji TKA China yang bekerja di Indonesia, salah satunya di PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI), Sulawesi Tenggara.

Berdasarkan data, tercatat puluhan posisi pekerjaan beserta rata-rata gaji per-bulan. Gaji paling kecil TKA asal China yaitu Rp17 juta sebagai pengangkut batu bara. Sedangkan satpam digaji Rp26 juta.

“Wah luar biasa sekali, untuk satpam saja mereka bisa dapat gaji Rp26 juta, satpam yah. Ada pengangkut batu bara gajinya Rp17 juta. Penghancur batu Rp21 juta,” katanya seperti dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari kanal YouTube BANG EDY CHANNEL pada Senin, 10 Mei 2021.

Baca Juga :   Bawa Pulang Sofa Buangan di Jalan, Pria Ini Temukan Segepok Uang dan Emas

Pada kesempatan itu juga turut hadir Ketua Komite SDA dan Lingkungan Hidup KAMI, Marwan Batubara.

Marwan membenarkan data tersebut, dan sangat menyayangkan pemerintah yang mendatangkan TKA China lulusan SD untuk bekerja di Indonesia. Padahal, anak bangsa di negeri ini pun berlimpah.

“Iya. Itu kan semuanya kalau kita bicara buruh, itu namanya buruh kasar. Buruh kasar itu kalau di kita, jangankan lulusan SD atau SMP, SMA pun kita punya berlimpah. Nah ini SD didatangkan justru dari China. Jadi ini memang ironi ya,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI mengatakan warga negara asing (WNA) yang masuk ke Indonesia selama pandemi Covid-19 untuk kepentingan esensial.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *