Indonesia Masuk Daftar Negara dalam Perpanjangan Larangan Masuk Arab Saudi

  • Share

Pemerintah Arab Saudi akan membuka kembali penerbangan internasional pada 17 Mei 2021 mendatang.

Sebelumnya, Arab Saudi melarang masuknya penerbangan internasional sejak 3 Februari 2021.

Karena pelarangan internasional ini, Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Zaky Zakaria Anshary mengatakan, keberangkatan umrah dari Indonesia akan ditunda.

“Dari ketentuan Arab Saudi ini artinya keberangkatan umrah sepertinya akan ditunda sampai larangan ini dicabut,” ungkapnya, Rabu 3 February 2021 lalu.

Sayangnya, aturan pembukaan kembali penerbangan internasional pada 17 Mei 2021 mendatang tidak berlaku bagi 20 negara yang  telah dilarang masuk Arab Saudi demi mencegah penyebaran virus Covid-19, salah satunya Indonesia.

Daftar lengkap 20 negara yang dilarang masuk Arab Saudi: Argentina, Uni Emirat Arab, Jerman, Indonesia, Irlandia, Italia, Pakistan, Brasil, Portugal, Inggris, Turki, Afrika Selatan, Swedia, Swiss, Perancis, Lebanon, Mesir, India, dan Jepang.

Baca Juga :   Anaknya Ditangkap Lagi Akibat Kasus Narkoba, Netizen Kasihan pada Rhoma Irama

Tidak hanya bagi warga negara, larangan itu juga berlaku bagi pelancong yang melewati salah satu negara yang dilarang masuk Arab Saudi kurun waktu 14 hari sebelum mengajukan permohonan untuk memasuki Arab Saudi.

Tetapi, ada pengecualian bagi diplomat dan praktisi kesehatan yang tetap diperbolehkan masuk ke Arab Saudi.

Seperti yang sebelumnya diberitakan, Arab Saudi mengizinkan umrah dan shalat di dua masjid suci (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi) selama Ramadan 2021 dengan syarat utama yang harus dipenuhi yakni sudah menerima vaksin Covid-19.

Ada tiga kategori orang akan dianggap telah divaksin, yaitu; mereka yang telah menerima dua dosis vaksin, mereka yang diberikan dosis tunggal setidaknya 14 hari sebelumnya, dan orang yang telah pulih dari infeksi Covid-19.

Baca Juga :   Mengagumkan, Jejak Kaki Nabi Ibrahim di Masjidil Haram Terlihat Jelas

Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengatakan, umrah pada bulan Ramadan tahun ini diperuntukkan bagi warga Arab Saudi, ekspatriat, dan selain 20 negara yang belum diberikan akses masuk.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *