5 Bahaya Jika Terlalu Sering Mendapat Pujian

  • Share

Setiap orang akan merasa bahagia dan bangga ketika mendapatkan pujian, entah itu dari teman, keluarga apalagi dari pasangan. Dan ketika seseorang memuji kelebihan orang lain merupakan tindakan yang mulia. Karena dengan dipuji biasanya seseorang akan merasa dihargai juga semakin percaya diri.

Akan tetapi jika terlalu berlebihan hal tersebut dilakukan secara berlebihan malah akan menjadi sebaliknya, bukan semakin percaya diri tapi semakin haus akan pujian. Berikut ini dampak buruknya jika terlalu sering mendapatkan pujian, diantaranya:

1. Gak Menyadari Kekurangan Diri Sendiri
Ketika seseorang terlalu mendapatkan pujiam ia akan merasa memiliki banyak kelebihan dan kekurangnya hanya sedikit saja, bahkan nyaris tidak ada, padahal kenyataannya belum tentu seperti itu.

Baca Juga :   Alhamdulillah, usai Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, kini Masjid Al-Aqsa di Yerisalem akan segera Dibuka kembali, Apakah Kondisinya sudah Aman?

Bisa jadi kamu memiliki banyak kekurangan dalam dirimu. Akan tetapi karena kamu selalu menerima pujian kamu akan buta terhadap kelemahanmu sehingga gak mau memperbaiki diri dan merugikanmu sendiri.

2. Menjadi Sombong
Bisa membuat seseorang menjadi sombong karena terlalu sering dipuji. Bisa jadi akan merendahkan orang lain, merasa orang lain memiliki banyak kekurangan sedangkan dirinya tidak. Dan bisa jadi juga akan menjadi orang yang terlalu pemilih untuk berteman dengan orang lain.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *