5 Hal yang Diprediksi Bakal Hilang di Ramadan 2020, Bikin Nangis Rasanya

  • Share

Bulan Ramadan tinggal menghitung hari lagi. Namun momen tersebut nampaknya akan banyak berubah dari tahun-tahun sebelumnya sebagai imbas dari wabah COVID-19 yang terjadi saat ini.

Alhasil, banyak dari kegiatan yang seharusnya menjadikan bulan Ramadan semakin ramai terpaksa ditunda untuk sementara waktu.

Jelas peristiwa ini merupakan bulan-bulan yang berat bagi Indonesia. Selain mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci Ramadan, masyarakat juga harus mewaspadai penularan virus corona di tengah-tengah mereka.

Secara otomatis, akan ada banyak hal yang bakal hilang saat Ramadan nanti. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini

Kegiatan ibadah tak bisa dilakukan di masjid

Kegiatan ibadah seperti tilawah atau tadarus Al-Quran, salat tarawih, dan i’tikaf di 10 (sepuluh) malam terakhir bulan Ramadan yang biasa dilaksanakan di masjid, bakal ditunda untuk sementara waktu.

Baca Juga :   Hukum Pacaran dalam Islam, Bagaimana Jika Dijalankan Secara Islami?

Sebagai gantinya, kegiatan tersebut bisa dilakukan di rumah masing-masing dengan tetap memperhatikan ketentuan fikih ibadah dan aturan lainnya.

Tak ada keramaian pasar dari para penjual takjil

Karena pemerintah menerapkan imbauan untuk menjaga jarak antar individu (physical distancing), keramaian para penjual takjil bakal menurun secara drastis.

Pasar-pasar dan pinggiran jalan pun akan lengang meski tak sepenuhnya sepi dari para pedagang yang memang nekat ingin berjualan takjil. Hanya saja, suasananya bakal berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya.

Acara seru seperti sahur on the road dan ceramah ditunda untuk sementara

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *