Bolehkah Membaca Al Quran Tanpa Wudhu dan Tidak Memakai Jilbab? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

  • Share

Sebelum  membaca Al Quran biasanya orang berwudhu terlebih dahulu. Selain itu, biasanya mereka menutup aurat ketika hendak membaca Al Quran.

Bagi muslimah, biasanya menggunakan pakaian tertutup dan jilbab. Lalu, bolehkah membaca Al Quran tanpa berwudhu dan tidak menggunakan jilbab?

Berikut jawaban Ustadz Adi Hidayat, dikutip PORTAL JEMBER dari salah satu video yang diunggah di kanal YouTube HAZIQ CHANNEL pada 11 April 2020.

Imam An Nawawi dalam kitabnya menyebutkan, semua ulama sepakat bahwa orang yang tidak mempunyai wudhu masih diperbolehkan untuk menyentuh dan membaca Al Quran.

Walaupun itu bukan yang utama atau tidak dianjurkan. Sedangkan, seorang wanita yang haid masih diperbolehkan hanya sebatas menyentuh.

Tetapi, tidak diperbolehkan untuk membaca ayat-ayat suci Al Quran. Namun, jika ingin membaca tajwidnya atau tafsirnya masih diperbolehkan.

Baca Juga :   Sederhana, Begini Ciri-ciri Orang Terbaik dan Terburuk Menurut Rasulullah SAW

Lantas, bagaimana jika mengaji atau membaca Al Quran tanpa jilbab? Memang tidak ada aturan yang menjelaskan larangan mengaji tanpa jilbab.

Namun, menurut adab aturan yang sempurna untuk membaca Al Quran adalah dengan menggunakan jilbab atau menutup aurat.

Itu tadi penjelasan Ustadz Adi Hidayat terkait boleh tidaknya mengaji tanpa berwudhu dan tidak memakai jilbab. Semoga bermanfaat.

Artikel asli : pikiran-rakyat.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *