Daftar Nama Nabi yang Wajib Diketahui dan Diimani Umat Islam, Ketahui Masing-Masing Mukjizatnya

  • Share

Dalam agama Islam, Nabi adalah seseorang yang diberi wahyu oleh Allah dengan syariat untuk dirinya sendiri. Nabi diperintahkan untuk menyampaikan kepada kaumnya yang sudah bertauhid.

Secara etimologi, kata ‘nabi’ berasal dari kata ‘naba’ yang berarti ‘dari tempat yang tinggi’. Sementara itu, pengertian nabi secara umum ialah hamba Allah SWT yang mendapat kepercayaan berupa wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri.

Jadi, wahyu yang diturunkan kepada nabi kemudian tidak disampaikan kepada umatnya. Tetapi, wahyu yang didapat nabi tersebut diamalkan oleh dirinya sendiri dan tidak ada kewajiban menyampaikan kepada umat atau kaumnya.

Bagi yang beragama Islam, pastinya sudah mengetahui, jika rukun iman keempat yang perlu dipahami dan imani umat Muslim ialah beriman kepada Nabi dan Rasul.

Jumlah seluruh nabi sejatinya sangat banyak, tak terhitung. Namun, dalam Islam, yang wajib diketahui dan diimani hanya ada 25 nabi dan rasul.

Masing-masing Nabi mempunyai kisah yang bisa menjadi suri teladan. Dengan mempelajarinya dan meniru kebaikannya, tentu akan membuat seseorang menjadi manusia yang lebih baik. Siapa saja 25 nabi yang ada dalam agama Islam?

Berikut ini daftar nama-nama nabi yang wajib diketahui dan diimani umat Muslim, seperti disadur dari Brilio.net, Rabu (2/6/2021).

Daftar Nama Nabi

1. Nabi Adam

Nabi Adam merupakan nabi pertama sekaligus manusia pertama yang Allah ciptakan.

Beberapa mukjizat Nabi Adam:

  • Menjadi khalifah pertama di bumi.
  • Diajarkan oleh Allah segala hal tentang nama benda dan makhluk di bumi.
  • Memiliki umur yang panjang dan bisa memberikan 40 tahun untuk Nabi Daud.
  • Memiliki tinggi 60 hasta.
  • Dikaruniai keturunan kembar berpasang-pasangan.

2. Nabi Idris

Nabi Idris adalah keturunan keenam Nabi Adam yang terkenal dengan kecerdasannya. Banyak pesan kebaikan yang disampaikan Nabi Idris.

Baca Juga :   Doa Keluar Rumah saat Pandemi Virus Corona dari Aa Gym

Nabi Idris memiliki mukjizat sebagai berikut:

  • Memiliki kecerdasan mengamati fenomena alam dan mengartikan wahyu Allah.
  • Manusia pertama yang bisa membaca dan menulis.
  • Manusia pertama yang bisa menjahit pakaian, Nabi Idris bisa menggunakan pakaian yang terindah sementara saat itu orang-orang masih menggunakan kulit binatang.
  • Nabi Idris pernah merasakan sakaratul maut dan dihidupkan kembali atas izin Allah.
  • Pernah melihat surga dan neraka.

3. Nabi Nuh

Nabi Nuh adalah satu di antara nabi yang masuk golongan Ulul Azmi. Semasa dakwahnya, Nabi Nuh menerima banyak tantangan dan penolakan, termasuk dari anak dan istrinya.

Ketika kaumnya tetap bertindak zalim, Allah membinasakan mereka dalam banjir besar.

Nabi Nuh mendapatkan mukjizat, yakni mampu membuat perahu dengan ukuran panjang 300 hasta dan 50 hasta. Setiap makhluk baik manusia maupun binatang yang ada di perahu tersebut selamat dari banjir.

4. Nabi Hud

Nabi Hud diutus Allah bagi kaum ‘Ad, kaum yang ahli membuat menara namun senang melakukan kemaksiatan dan menghamburkan harta.

Mukjizat Nabi Hud antara lain:

  • Mampu menurunkan hujan atas izin Allah, kala itu kaum ‘Ad dilanda kekeringan hingga tanaman mati dan tak ada sumber air.
  • Selamat dari badai petir yang dahsyat.

5. Nabi Shaleh

Allah mengutus Nabi Sholeh untuk kaum Tsamud yang masih merupakan keturunan dari kaum ‘Ad. Satu di antara mukjizat Nabi Shaleh adalah memunculkan unta betina yang hamil 10 bulan dari batu besar yang terbelah.

Kejadian itu membuat sebagian kaum Tsamud menerima dakwah Nabi Shaleh dan menjadi pengikutnya. Namun, sebagian lagi masih ingkar, bahkan membunuh unta yang menjadi mukjizat tersebut.

Baca Juga :   Jangan Menunda Menikah Agar Rezeki Lancar

Daftar Nama Nabi

6. Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim merupakan satu di antara nabi yang kisahnya banyak diceritakan dalam Al-Qur’an.

Nabi Ibrahim memiliki mukjizat antara lain:

  • Tetap hidup, meski dibakar dengan api.
  • Menyaksikan burung dihidupkan kembali.
  • Mengubah pasir menjadi makanan.
  • Memiliki anak saat usia 99 tahun.

7. Nabi Luth

Nabi Luth merupakan keponakan Nabi Ibrahim. Dia diutus Allah untuk berdakwah kepada kaum Sodom, kaum yang rusak dan terkenal dengan perilaku seks sesama jenis.

Dakwah Nabi Luth ditentang oleh mereka. Sesaat setelah mereka mengusir Nabi Luth, Allah membinasakan mereka dengan bencana gempa bumi dan angin kencang.

8. Nabi Ismail

Nabi Ismail merupakan anak Nabi Ibrahim dan istrinya, Hajar. Satu di antara mukjizat Nabi Ismail masih bisa kita lihat hingga sekarang, yakni air zamzam.

Nabi Ismail menerima perintah Allah untuk disembelih oleh ayahnya sendiri. Namun, ketika Nabi Ibrahim mengeluarkan benda tajam untuk menyembelihnya, Allah menggantikan Nabi Ismail dengan kambing.

Peristiwa itulah yang pada akhirnya menjadi awal mula kurban pada Hari Raya Iduladha.

9. Nabi Ishaq

Nabi Ishaq merupakan anak dari Nabi Ibrahim dengan Sarah. Dia lahir 14 tahun setelah Nabi Ismail. Dia juga selalu mengikuti ayahnya dalam berdakwah.

Dalam Al-Qur’an disebutkan Nabi Ishaq adalah hamba yang memiliki ilmu, akhlak, dan perbuatan yang baik. Dari keturunannya lahir nabi-nabi yang berasal dari Bani Israil.

10. Nabi Yaqub

Nabi Yakub merupakan anak dari Nabi Ishaq. Dalam beberapa riwayat, Nabi Yaqub digambarkan sebagai sosok yang memiliki karakter kuat dan keimanan luar biasa.

Bahkan sebelum Nabi Yaqub wafat dan terbaring lemah, dia berwasiat kepada para putranya untuk tetap menjalankan perintah Allah.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *