Ini Cara Nabi Muhammad Mengobati Penyakit

  • Share

Saat kondisi sakit, kebanyakan orang-orang akan pergi ke dokter atau meminum obat agar meredakan atau menyembuhkan rasa sakitnya.

Tetapi ada cara yang Rasulullah sallallahu alaihi wasallam lakukan ketika ia sedang merasakan sakit di tubuhnya.

Cara yang sangat sederhana, mudah tetapi penuh dengan harapan doa.

Dalam buku Ensiklopedia Islam al-Kamil yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah at-Tuwaijiri, disebutkan bagaimana cara-cara Rasulullah untuk menyembuhkan suatu penyakit,

1. Meniupkan Pada Tubuh yang Sakit Dengan Mu’awwidzat
Dari Aisyah radhiyallahu anha,

“Rasulullullah sallallhu alaihi wasallam meniupkan pada tubuhnya sendiri saat sedang menderita sakit menjelang wafatnya dengan bacaan mu’awwidzat (doa perlindungan), dan ketika sakitnya semakin parah maka akulah yang meniupkan kepadanya denagn mu’awwidzat tersebut, kemudian aku menyapunya dengan tangan beliau karena kedua tangan beliau iu mengandung berkah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga :   Madinah Dijaga dari Wabah dan Fakta Covid-19 Mencengangkan

2. Meletakkan Tangan Pada Tubuh yang Sakit Seraya Membaca “Bismillah”
Dari Utsman bin Abil Ash Ats Tsaqafi, ia mengaku kepada Rasulullah sallallhu alahi wasallam tentang sakit yang dideritanya sejak masuk Islam, maka Rasulullah bersabda kepadanya,

“Letakkanlah tanganmu di atas bagian yang sakit dan ucapkanlah ‘Bismillah’ (Dengan menyebut nama Allah) sebanyak tiga kali. Dan ucapkan tujuh kali, “Aku berlindung pada kekuatan Allah dan kekuasaan-Nya dari kejahatan yang aku temui dan yang aku hindari.” (HR. Muslim).

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *