Ini Doa Nabi Muhammad saat Menyambut Bulan Ramadhan

  • Share

Ramadhan 1441 Hijriyah tahun ini diperkirakan jatuh pada Jumat, 24 April 2020. Umat Islam di Tanah Air sedang bergembira menyambut bulan suci tersebut.

Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU), KH Sirril Wafa mengatakan, ketika Ramadhan tiba, sudah sepatutnya umat Islam menyambutnya dengan suka cita dan penuh syukur karena bisa dipertemukan kembali dengan bulan yang berkah ini.

“Ketika bulan suci Ramadhan tiba, Rasulullah SAW menyambutnya dengan baik dan seraya berdoa atas kedatangan bulan ampunan ini,” kata Kiai Sirril belum lama ini.
Imam Nawawi dalam Kitab Almajmu mencantumkan hadist yang berisi doa Nabi Muhammad ketika menyambut Ramadhan,

انَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا رَأَى الْهِلالَ قَالَ : ” اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

Baca Juga :   Berikut Ini Adalah Zikir Agar Selalu Ditolong Allah

Artinya: “Sesungguhnya Nabi SAW ketika telah melihat hilal Ramadhan, beliau berdoa; Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah (Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.”(HR. Tirmidzi).

Ketika Ramadhan tiba maka umat Islam diperintahkan untuk berbuat amal saleh sebanyak mungkin. Salah satu yang diwajibkan adalah puasa, dan hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim. Namun terkecuali sedang ada udzur atau halangan yang menghalangi ibadah puasa.
Berikut ini adalah niat puasa di bulan Ramadhan:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *