Keistimewaan Sedekah di Waktu Susah

  • Share
Bersedekah Di Saat Susah, Mahasiswa Ini Peroleh Balasan Yang Mengejutkan

Salah satu amalan yang dicintai Allah Subhanahu wa ta’ala adalah sedekah atau berbagai kepada sesama. Bersedekah juga mampu mendatangkan banyak keberkahan dan manfaat bagi siapa yang mau melakukannya.

Seperti yang dijelaskan dalam firman Allah Ta’ala :

اَلَّذِيۡنَ يُنۡفِقُوۡنَ اَمۡوَالَهُمۡ بِالَّيۡلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً فَلَهُمۡ اَجۡرُهُمۡ عِنۡدَ رَبِّهِمۡ‌ۚ وَلَا خَوۡفٌ عَلَيۡهِمۡ وَلَا هُمۡ يَحۡزَنُوۡنَ

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah: 274)

Ada beragam waktu istimewa ketika seseorang hendak bersedekah. Manshur Abdul Hakim dalam bukunya ‘Terapi Bersedekah’ menyebutkan, salah satu sedekah yang terbaik waktunya adalah ketika masih sehat dan kuat, saat setelah menunaikan kewajiban ibadah, dan sedekah yang diberikan kepada kerabat.

Baca Juga :   Terenyuh, Ini Alasan Umar bin Khattab Sampai Bersumpah Tak Mau Makan Ikan

Namun, sedekah juga dianjurkan dilakukan di saat waktu sempit (susah). Yang dimaksud dengan sedekah di waktu sempit adalah melakukan sedekah ketika kita juga sedang membutuhkan. Sedekah di waktu sempit ini ternyata memiliki pahala yang besar.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *