Rahasia Sehat Di Balik Gerakan Solat

  • Share

Shalat  merupakan ibadah yang paling penting bagi umat islam. Dalam hadits juga dikatakan bahwa shalat itu tiang agama. Yang mana jika tidak ditegakkan maka runtuhlah agama pada diri orang tersebut. selain itu sebagaimana dalam Al-Qur’an bahwa shalat mencegah dari perbuatan keji dan munkar.

Ternyata terdapat berbagai manfaat dibalik gerakan shalat. Hasil ini berdasarkan dari penelitian para ahli. Shalat sebagai tiang agama adalah ibadah yang paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Gerakan-gerakannya sudah sangat melekat dengan gestur (gerakan khas tubuh) seorang muslim.

Takbiratul Ihram

Pada gerakan takbiratul ihram ini aliran darah lebih lancar menuju getah bening ( limfe ) dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

Baca Juga :   Beri Pandangan Soal Aksi Demonstrasi, Gus Baha: Bagi Sebagian Ulama Demo Anarkis yang Diharamkan

Ruku

Manfaat Postur ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah mengalir maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

I’tidal

Itidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerak berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *