Kisah Nabi Isa: Sembuhkan Orang Buta Sejak Lahir hingga Hidupkan Orang Mati

  • Share

Nabi Isa AS merupakan satu dari kelima rasul Ulul Azmi yang memiliki mukjizat luar biasa. Ia diberi kemampuan untuk berbicara dengan fasih saat masih bayi hingga ia bisa menghidupkan kembali orang yang telah mati atas izin Allah SWT.

Kisah kelahiran Nabi Isa AS diceritakan dalam Q.S Maryam. Maryam adalah wanita suci yang belum bersuami. Lahirnya Isa AS dari rahimnya atas karunia Allah SWT.

Kala itu datanglah utusan Allah SWT, Jibril kepada Maryam untuk memberikan kabar akan lahir anak laki-laki suci dari dirinya.

Allah SWT berfirman dalam Q.S Maryam ayat 19-20 sebagai berikut:

قَالَ إِنَّمَآ أَنَا۠ رَسُولُ رَبِّكِ لِأَهَبَ لَكِ غُلَٰمًا زَكِيًّا (19) قَالَتْ أَنَّىٰ يَكُونُ لِى غُلَٰمٌ وَلَمْ يَمْسَسْنِى بَشَرٌ وَلَمْ أَكُ بَغِيًّا (20) قَالَ كَذَٰلِكِ قَالَ رَبُّكِ هُوَ عَلَىَّ هَيِّنٌ ۖ وَلِنَجْعَلَهُۥٓ ءَايَةً لِّلنَّاسِ وَرَحْمَةً مِّنَّا ۚ وَكَانَ أَمْرًا مَّقْضِيًّا (21)

Baca Juga :   Apakah Umat Selain Islam yang Selalu Berbuat Baik dan Dermawan Bisa Masuk Surga?

Artinya: “Ia (jibril) berkata: “Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci. Maryam berkata: “Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusiapun menyentuhku dan aku bukan (pula) seorang pezina!” Jibril berkata: “Demikianlah”. Tuhanmu berfirman: “Hal itu adalah mudah bagi-Ku; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan.”

Tak lama berselang, Maryam kemudian mengandung seorang anak laki-laki. Kabar kehamilan Maryam membuat geger seluruh kaum Bani Israil pada saat itu.

Bahkan Maryam mendapat fitnah dan hinaan karena telah mengandung anak sementara ia belum bersuami. Akhirnya ia tinggal menjauh dari orang-orang.

Baca Juga :   Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat Umum untuk Orang Tua

Selama tinggal sendiri, Allah SWT memberikan kecukupan atas makanan kepada Maryam. Sehingga ia bisa tetap bertahan hidup hingga masa kelahirannya sudah dekat. Sebagaimana dalam firman-Nya pada Q.S Maryam ayat 24-25.

فَنَادَىٰهَا مِن تَحْتِهَآ أَلَّا تَحْزَنِى قَدْ جَعَلَ رَبُّكِ تَحْتَكِ سَرِيًّا (24) وَهُزِّىٓ إِلَيْكِ بِجِذْعِ ٱلنَّخْلَةِ تُسَٰقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا (25)

Artinya: “Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.”

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *